Thursday, July 4, 2019

Cara Install Dan Konfigurasi Java Development Kit (JDK)


Setelah sekian lama saya tidak menulis, dan akhirnya saya memutuskan untuk menulis lagi. pada kesempatan kali ini saya akan menulis tentang tata cara install beserta konfigurasi java development kit (JDK). sebelum itu apakah teman teman sudah mengetahui apa itu java JDK?. saya akan membahas sedikit yang saya ketahui mengenai java development kit ini. mohon bila ada statement saya yang salah laporkan di komentar, dan jangan langsung menghakimi se enaknya :)

Pengertian JDK

Java Development Kit (JDK) adalah sebuah software yang biasa digunakan programer untuk membuat aplikasi dengan bahasa java. salah satu fungisnya yaitu untuk mengcompile baris - baris kode yang dituliskan oleh seorang programmer menjadi bahasa yang dimengerti komputer, agar aplikasi yang telah dibuat dapat dijalankan. selain fungsi compiler masih banyak lagi fungsi fungsi lainyya. saya tidak akan membahas di postingan ini. karena postingan ini bertujuan untuk memberikan tutorial install dan konfigurasi pada java development kit (JDK).

Download Dan Install JDK

Bagi teman teman yang memang belum mendownload bahan - bahannya, silahkan download terlebih dahulu bahan - bahannya, cukup mudah tinggal pencarian di google dengan keyword java jdk, akan mendapatkan pencarian teratas dari website resminya yaitu oracle. saya anggap teman teman sudah mempunyai bahan - bahannya, lets tutorial,

1). Double Klik Setup nya

2). Klik next Saja

3). Tentukan folder penginstallannya yang mudah di ingat, agar tidak ribet biarkan saja lokasinya default penginstallan klik next

4). Setelah itu tunggu hingga selesai penginstallan nya,

5). Bila sudah seperti gambar di atas maka proses installasi sudah selesai, tinggal di close. 


Konfigurasi JDK

1). Untuk memastikan bahwa JDK kita belum terpasang secara sempurna, maka teman teman buka cmd terserah lewat mana saja, disini saya menggunakan pasilitas Run, dengan cara menakan kombinasi tombol antara windows + R, dan ketikan cmd pada kotak box

2). setelah cmd nya terbuka silahkan teman teman ketikan perintah javac lalu enter, jika yang keluar seperti gambar dibawah ini, maka jdk belum terpasang secara sempurna

3). klik kanan pada computer > properties, kemudian akan terbuka windows seperti berikut, pilih advance system settings

4). akan terbuka pop-up baru, silahkan pergi ke tab advanced - klik environment variable


5). Cari kata path pada system variable, lalu klik edit 

6). Jangan merubah apapun yang ada disana, silahkan tambahkan lokasi penginstallan jdk yang telah terpasang di komputer kalian, untuk menambahkan nya tambahkan tanda titik koma (;) pada bagian akhir lalu ikuti dengan directory jdknya, C:\Program Files\Java\jdk-12.0.1\bin,

7). tinggal klik ok - ok, sampai semuanya tertutup. jika sudah lakukan test kembali pada cmd dengan menggunakan perintah javac apabila sudah keluar seperti gambar dibawah ini, maka proses konfigurasi pada software jdk telah berhasil. 

Bagaimana? mudah bukan? mudah mudahan tulisan yang singkat ini dapat memberikan manfaat khsusunya kepada saya, umunya kepada para pemirsa pembaca blog squid tech, sekali lagi apabila ada statement saya yang salah silahkan bantu saya untuk memperbaikinya. sekian atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

No comments:

Post a Comment