Wednesday, February 17, 2021

Cara Mempercepat Kinerja Windows 7

Cara Mempercepat Kinerja Windows 10

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang tata cara mempercepat kinerja windows 7. perawatan pada sistem operasi merupakan faktor penentu kinerja yang bisa dilakukan oleh komputer. tapi ini tidak menjadi alasan utama ketika sistem operasi yang kita gunakan terasa lambat. bisa saja karena faktor hardware yang tidak memenuhi standar minimal kriteria yang ditentukan, atau dari yang lainnya. meskipun begitu tidak ada salahnya jika kita melakukan hal hal lain yang mungkin saja dapat membantu meringankan kinerja windows 7.
cara yang akan saya bahas pada kesempatan kali ini ditujukan bagi teman teman yang memang sudah lama menggunakan windows 7, ketika pertama kali menggunakan windows 7 terasa sangat cepat, namun lama kelamaan performa tersebut menurun secara signifikan akibat teman teman semua tidak melakukan perawatan secara teratur. jika teman teman semuanya memeiliki masalah seperti ini tenang saja, karena teman teman semua sudah berada pada postingan yang tepat. mari kita simak langkah langkah yang bisa kita lakukan untuk meringankan kinerja windows 7 ini.


1). Non-Aktifkan Visual Effect

Cara yang pertama untuk mempercepat kinerja windows 7 adalah dengan menon-aktifkan fitur dari visual effect. saya yakin pasti teman teman semua sudah mengetahui keberadaan visual effect ini, dikarenakan ini sudah umum di perbincangkan dikalangan para prngguna windows yang memang membutuhkan kinerja yang cepat. Visual effect berfungsi untuk meningkatkan tampilan / kecantikan dari windows itu sendiri, bisa disebut sebagai fungsi yang meningkatkan tampilan. namun dibalik itu terdapat beberapa hardware yang tersiksa karena harus terus terusan bekerja untuk menampilkan yang terbaik. cara nya adalah sebagai berikut.
  1. Klik kanan pada Computer - Properties
  2. klik pada Advanced System Settings
  3. Klik Tab Advanced
  4. Pada bagian performance silahkan teman teman klik setting
  5. pilih tab Visual Effect dan klik pada adjust for best performance - oke
Dengan mengklik pilihan tersebut maka visual effect seluruhnya akan mati, dan tampilannya akan menjadi tampilan klasik. jika teman teman tidak ingin merubah semuanya silahkan teman teman ulangi lagi pada bagian tab Visual Effect pilih saja custom. sebagai referensi agar tampilan tidak berubah, hapus semua centang kecuali pada bagian daftar di bawah ini
  1. Enable dekstop composition
  2. Enable transparent glass
  3. Show shadows under windows 
  4. Use visual styles on windows and buttons


2). Un-Install Program Tidak Terpakai

Cara kedua yang menurut saya paling simple dalam cara mempercepat kinerja windows 7 adalah dengan menghapus / copot / un-install aplikasi atau software yang tidak terpakai didalam komputer. mengapa harus dihapus?. selain memberatkan pada kinerja ternyata file yang menumpuk juga akan berdampak pada harddisk yang kita gunakan. dan untuk apa juga ketika tidak digunakan masih dismpan saja. dan saya juga tidak menyarankan untuk memasang aplikasi yang tugasnya mirip mirip seperti antivirus yang dipasang secara bersamaan seperti avast & smadav. lebih baik gunakan salah satu dari aplikasi tesebut. kita percayakan saja pada aplikasi tersebut, karena aplikasi tersebut sudah dirancang oleh pembuatnya untuk menangani virus komputer. tapi jika komputer teman teman memiliki spesifikasi yang sangat bagus, tidak masalah untuk memasang beberapa aplikasi yang hampir sama dalam satu komputer. cara uninstall nya adalah sebagai berikut
  1. Klik Start - Control Panel 
  2. Pilih Programs lalu Klik kanan pada program yang akan di uninstall,
  3. kemudian klik Uninstall/Change \
  4. Ikuti proses uninstall pada jendela yang muncul 
Note : Gunakan software tambahan untuk menguninstall program agar lebih mudan dan hasil yang sangat bersih. ada banyak software menawarkan untuk menghapus file registry pada program yang telah di uninstall, sehingga file registry tersebut tidak menjadi file sampah di PC dan memakan kapasitas RAM. 

No comments:

Post a Comment