Saturday, May 18, 2019

Cara Merubah Password WiFi Huawei HG8245H


Assalamualaikum Wr. Wb
Bertemu lagi guys dengan saya selaku admin Squid Tech, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tutorial tentang mengatur password Wifi Huawei HG8245. tutorial ini di khususkan bagi teman teman yang belum tahu, dan bagi kelas dua belas yang ingin mencoba PKL (Praktik Kerja Lapangan) Di PT.TELKOM INDONESIA.
Untuk merubah password wifi kita harus tahu terlebih dahulu, modem apa yang digunakan. setiap modem memiliki cara akses dan grafis yang berbeda , namun langkah - langkahnya hampir sama. pada contoh kasus saat ini saya menggunakan modem Huawei HG8245 milik telkom. pada modem type ini, cara akses nya sangat mudah. yang harus di ingat adalah default gateway (Ip address modem tersebut). ip default huawei ini adalah
  • Ip : 192.168.100.1
  • User : Admin
  • Password : admin 
langsung saja, teman teman buka browsernya, silahkan teman teman mau menggunakan smartphone, tablet ataupun komputer, di sesuaikan saja. dan aplikasi untuk berselancar di internet pastinya. Recomended (Google Chrome).

1). Ketikan Di Address bar 192.168.100.1, untuk menuju halaman Huawei HG8245
Ketikan Di Address Bar
Ketikan Di Address Bar

2). Setelah itu, teman teman akan di bawa kesebuah halaman, yang dimana halaman tersebut merupakan sebuah form kosong untuk kita isi nantinya, sebagai proses authentifikasi apakah teman teman pemiliknya atau bukan, yang perlu di ingat, meskipun teman teman bukan pemiliknya ketika teman teman mengetahui user dan password login nya, maka teman teman pun bisa melakukan proses autentifikasi. saya disini memasukan user Admin, kebetulan password modem yang mau saya modif password wifinya sudah di rubah oleh pemiliknya.
Login Huawei HG8245H
Login Huawei HG8245H

3). Kemudian setelah login, teman teman perhatikan dibagian tab. entah mengapa saya hanya di perbolehkan mengatur dibagian tab WLAN saja oleh pihak telkom. entah karena modem ini sudah menggunakan Fiber Optick ataupun apa, saya selaku pengguna nurut saja lah, biar aman :v. silahkan teman teman pergi ke Tab WLAN.
Tab WLAN
Tab WLAN

4). Nah, di step inilah kita akan mengatur nama & password wifi kita, nama bisa bebas dan password pun bisa bebas :) . untuk password minimal yang harus di isikan adalah sebanyak 8 character (8 huruf).
  • Pertama : Uncheck kotak Hide, agar password yang kita inputkan nanti transparan, dan meminimalisir lupa akan passwordnya
  • Kedua : Masukan password yang di inginkan
  • Ketiga : Klik Apply
5). sampai step ini password berhasil di rubah, jangan lupa klik logout agar sesi nya. karena bila sesinya masih aktif, kita tidak bisa login modem ini di perangkat lain, harus login di perangkat yang barusan kita gunakan.

semoga tulisan yang pendek ini dapat memberikan manfaat kepada teman teman.  mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penyampaiannya. kritik dan saran saya nantikan di kolom komentar di bawah

No comments:

Post a Comment